Tips & Trik Ms. Excel :Menggunakan Fungsi Month


Halo Sobat, pada kesempatan ini ane mau berbagi tips formula “Month” yang digunakan pada Ms. Excel.

Misalkan ada sebuah kasus dimana agan-agan diminta untuk menghitung data kelahiran yang dikelompokan per bulan. dan datanya itu banyak banget ampe ribuan atau puluh ribuan. Si Pak RT misalkan menyuruh agan untuk menghitungnya. Pak RT ingin tahu berapa jumlah orang yang lahir di Bulan Januari, Februari,… sampe Desember.

Nih ane kasih liat contohnya.

Nah lalu bagaimana cara menghitungnya? Kita di sini akan menghitungnya dengan menggunakan formula “month” dan “countif”.

Mula-mula kita buat dulu kolom “bulan” pada cell D6 untuk mengetahui bulan apa saja orang-orang itu lahir. lalu masukan formula “=month(c7)”, Copy formula itu untuk cell berikutnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About Restu Ramdani

Tak ada yang sempurna di dunia ini. Saya hanyalah seorang manusia yang butuh dan perlu bantuan orang.

Posted on November 22, 2010, in Excel Tips & Trik and tagged , , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. Assalamualaikum wr wb
    Ysh buk restu ramdani
    Mohon bantuan dan share pengalamannya.
    Saya mengcopy data dr web/data base ke excel, saat d paste angka itu berubah menjadi text dan 2(dua) angka 00 atau 3(tiga) angka 000 dibelakang titik itu menghilang contoh 500.000 = 500 kemudian 45.300 = 45.3
    Sy sdh bisa merubah format text ke angkat tp tdk bisa mengembalikan angka 0 d belakang titik.
    Mohon solusinya saat mebgcopy dr dt web/base angka 2 yang tsb tdk berubah hd text dan hilang angka 0 nya.
    Terima kasih

    • kalau itu tinggal ganti dulu setingan coma di excelnya.semula titik(.) ganti dengan koma (,). cek di file, excel option, advances. di sebelah bawah ada thousand separator sama coma separator. tukar aja yg tadinya titik jadi koma dan sebaliknya. baru copy paste lagi datanya.

  2. Mohon bantuannnya mbak,
    gimana cara merubah angka menjadi kata mbak ?
    misal : Rp. 225,- menjadi Dua ratus dua puluh rupiah

  3. thanks atas infonya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: