Tips & Trik Ms. Excel : Merubah Data “Text” Menjadi “Number”


Assalamu ‘alaykum Sahabat…..

Alhamdulillah setelah sekian lama tidak posting ke Blogku ini karena kesibukan dan lain-lain (terutama ngga ada ide buat posting yang original / do not copy & paste) hehehehe….

Mendapat sebuah inspirasi dari pengalaman ketika bekerja. Kebetulan saya kerja di bagian accounting yang notabne tiap hari kerjannya ngubek-ngubek angka. hehe.. Ampe pusing nih kepala ngeliat angka terus menerus yang berjejer ke kanan dan ke bawah ga tahu sampe berapa “raw” dan berapa”colomn” di M. Excel 2007 ku. Huh…..

Ada sedikit tips dan trik yang akan saya share di postingan kali ini yaitu mengenai tips di Ms. Excel. Mudah-mudahan bermanfaat bagi juragan semua. Dan saya yakin ini akan sangat bermanfaat sekali bagi juragan-juragan yang notabene nya bekerja menggunakan ERP system.

Pengalaman saya sendiri, ketika mendownload data dari ERP system, kadang ada beberapa karakter yang sebenarnya merupakan format “numerik/number” ketika di download ke dalam excel oleh si excel ini diangaap sebagai format “text”. Sehingga kalau kita mau tahu detail kode atau angka itu dengan memakai formula misalnya Lookup ataupun formula lainya, maka hasilnya akan menjadi error karena cell yang kita terapkan formula itu adalah “text” buka “numerik”.

Berikut contohnya gan…

Data Download :

Nah Kita lihat coba Colum “Kode barang” di pinggir kiri atas ana tanda hijaukan kalau kita klik, maka itu adalah angka tapi formatnya adalah format” text”. Misalkan Saya mau mngisi nama barang dengan melookup Kode Barang maka apabila formula lookup kita enter, masilnya adalah error padahal master data telah cocok misal master datanya :

Kita Lihat Hasil Lookup nya :

Terus Apa yang harus kita lakukan supaya tidak error?

Ada dua solusi :

1. Pada tiap-tiap cell di Kolom Kode Produk misalkan Cell “B3”, Kita tekan “F2” terus tekan “Enter”, maka otomatis kolom Nama Produk akan menjadi tidak error. Tapi masalahnya bagaiman jika kolom kode produk itu beratus-ratus atau beribu-ribu baris apakah kuragan mau Nekan F2 ama Enter terus menerus? Jawabanya adalah tangan pasti kriting deh gan. hahahaha. Maka solusi yang kedua yang paling gampang dan cepat. hanya butuh waktu 20 detik saja itu data jadi benar semuanya. Ini solusinya,

2. Ketik angka 1 (satu) di sembarang cell asalkan jangan di kolom ketas kerja. Misalnya di cell “H2”. Setelah itu sorot cell yang ada angka 1 itu terus “copy”. arahkan pointer ke kode produk , Blok semuanya dari Cell B4 sampai Cell B29. Setelah keblok semuanya, klik kanan, Paste Special, Values nya di centang, Multiply nya di centang, Tekan OK / Enter. Dan liat hasilnya semua data sudah benar karena yang tadinya format Kode Produk yang awalnya format text telah menjadi Numerik.

Cukup segitu dulu ya gan. Mudah-mudahan Bermanfaat dan jangan Lupa Coment nya hehehe….

Wassalamu ‘alaykum…

About Restu Ramdani

Tak ada yang sempurna di dunia ini. Saya hanyalah seorang manusia yang butuh dan perlu bantuan orang.

Posted on November 3, 2010, in Excel Tips & Trik and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 86 Comments.

  1. Mantabz boss, tapi bagaimana misalnya kode produk (contoh diatas) berupa tanggal/bulan/tahun, setelah di CoPas malah source datanya yg berubah jd angka, gmn cara Copy Pastenya boss…?? atau caranya beda lagi…

    • Restu Ramdani

      tinggal ganti format aja gan, klik kanan, format cell, pilih format yg dd/mm/yy

  2. Wah terima kasih yah sudah share ilmunya

  3. makasih gan udah share:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: