The Twelve Apostles, Victoria, Australia (Dua Belas Rasul)


The Twelve Apostles atau dalam bahasa Indonesia berarti Dua Belas Rasul adalah sebuah tumpukan batu gamping tertinggi di dunia yang terletak di timur Port Campbell , di sepanjang Great Ocean Road, Victoria yang spektakuler. Berbeda dari namanya, pilar-pilar batu yang ada tidak berjumlah dua belas (hanya ada 9 pilar di Twelve Apostles).

Dua Belas Rasul pada awalnya dikenal dengan nama “Sow and Piglets” atau “Induk dan Anak Babi”. Tanpa diragukan lagi, hal ini merupakan daya tarik yang paling dikenal di Victoria, Australia.

Selama ini, pilar-pilar Twelve Apostles selalu dilanda erosi, kekuatan yang dulu membentuk Twelve Apostles sendiri. Pada 4 Juli 2005, salah satu pilar setinggi 50 meter roboh, sehingga kini hanya tersisa delapan pilar. Formasi bebatuan lain yang mengalami nasib serupa adalah London Arch atau dahulu disebut London Bridge.

Dibawah ini merupakan perubahan salah satu pilar pada saat sebelum dan sesudh terkikis

sebelum                                                                                                                                              sesudah

Dua Belas Rasul telah diciptakan oleh erosi konstan tebing kapur dari daratan yang dimulai 1-20 tahun yang lalu. Samudra Selatan dan angin badai secara bertahap mengikis peledakan batu kapur lembut, membentuk gua-gua di tebing. Gua akhirnya menjadi lengkungan dan ketika mereka runtuh, tumpukan batu sampai 45 meter tinggi dibiarkan terisolasi dari pantai. Namun, tebing ini tererosi pada laju sekitar 2 cm setiap tahunnya, dan di masa yang akan datang, kemungkinan besar akan terbenuk “Rasul” lain.

Dua Belas Rasul ini menarik puluhan ribu pengunjung setiap tahunnya karena menyajikan pemandangan yang begitu spektakuler.

Kita dapat menikmati perjalanan yang sangat romantis bila mengunjungi tempat ini, karena Dua Belas Rasul merupakan salah satu daya tarik dunia yang paling indah, menawan dan menarik hati. Anda pun akan disuguhi oleh Pemandangan Great Ocean Road

Dua Belas Rasul ini menarik puluhan ribu pengunjung setiap tahunnya karena menyajikan pemandangan yang begitu spektakuler.

Kita dapat menikmati perjalanan yang sangat romantis bila mengunjungi tempat ini, karena Dua Belas Rasul merupakan salah satu daya tarik dunia yang paling indah, menawan dan menarik hati. Anda pun akan disuguhi oleh Pemandangan Great Ocean Road yang terkenal dan pemandangan indah di sepanjang pantai barat-selatan Victoria.

Great Ocean Road

Saat yang baik untuk melakukan perjalanan ini adalah selama musim semi atau akhir musim panas, sehingga Anda dapat menikmati berendam dengan sedikit sinar matahari yang tidak terlalu panas.

Referensi : www.australianexplorer./ goaustralia.about.com/ absolutely-australia.com/ http://www.visitvictoria.com/ id.wikipedia.org/ newswww.bbc.net


About Restu Ramdani

Tak ada yang sempurna di dunia ini. Saya hanyalah seorang manusia yang butuh dan perlu bantuan orang.

Posted on May 7, 2010, in Catatan Kehidupan. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Makasih Mas dah mau berkunjung🙂

  2. Bagus sekali artikel dan pemandangannya. Sya pernah berkunjung ke sana tahun 1992 saat masih kuliah di University of Melbourne

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: