Apa Perbedaan Antara “Cost” dan “Expense”?


Kadang ketika kulaih dulu dosen suka bertanya apa perbedaan  antara “Cost” dengan “Expense”, dan kadang-kadang kita sering dibuat bingung dengan pertanyaan ini. Baiklah mari kita bahas sama-sama.

Sebelum saya bahas, mari kita tanamkan dalam benak kita bahwa banyak orang di luar sana yang sama sering menggunakan kedua istilah ini dan memiliki pengertian yang sama dengan kita dalam artian suka bingung dalam mebedakan kedua istilah ini  :)

Sampai saat ini banyak orang yang terjebak dalam kata-kata cost dan expense yang digunakan dalam akuntansi. Dalam akuntansi terdapat perbedaan yang mendasar antara dua kata tersebut. Sayangnya banyak orang mendefinisikan cost=biaya dan expense=beban, ketika ditanya apa perbedaannya antara “biaya” dan “beban” yang mereka sebutkan itu, mereka menjawab tidak ada perbedaan. Hal tersebut terjadi memang karena tidak ada padanan kata yang tepat untuk istilah “cost”.

Mari kita ambil sebuah contoh untuk menjelaskan perbedaan antara dua terminology tersebut. :)

Anggaplah anda memiliki sebuah perusahaan percetakan kartu undangan. Pada suatu hari anda menerima pesanan dari sebuah keluarga untuk mencetak katu undangan sebanyak 1000 lembar. Pagi harinya anda belanja kertas 1200 lembar (2,4 rim) dengan harga per rim misalkan Rp 100.000. Dengan demikian anda membeli kertas itu senilai Rp 240.000.

Dalam hal ini, estimasi anda (anggaplah akurat) untuk membuat 1.000 lembar undangan tersebut anda akan menhabiskan 1.000 lembar kertas (anggap ga ada yang defect :))

Sisanya anda simpan di gudang sebanyak 200 lembar senilai Rp 40.000 untuk keperluan di waktu mendatang. Dalam contoh ini, Cost sebanyak Rp. 240.000 terdiri dari Expense Rp 200.000 dan Asset (Inventory/Persediaan) Rp. 40.000.

Dari contoh di atas kita bias ambil kesimpulan bahwa “Accountants use the term expense to mean a cost that has being used up while a company is doing its main revenue-generating activities” atau secara gampangnya, expense itu adalah cost yang dipakai untuk mendatangkan revenue (menjalankan aktifitas utama bisnis).

Sebuah Cost Belum tentu menjadi sebuah Expense. Seperti kita lihat di atas, Cost sebesar Rp. 240.000 itu terdiri dari Rp 200.000 sebagai expense dan Rp 40.000 sebagai asset. Contoh yang mungkin paling ekstrim adalah ketika kita membeli tanah untuk menjalankan sebuah bisnis. Maka cost tanah tersebut hanya akan dicatat sebagai asset dan tidak akan menjadi sebuah expense karena tanah tidak bisa didepresiasi.

Begitu juga ketika kita membeli sebuah Mobil misalkan untuk delivery service makan di balansheet cost dari movil tersebut akan dicatat sebagai asset (Truck), tetapi seiring berjalanya waktu, cost tersebut akan menjadi sebuah expense karena mobil tersebut tentunya terdepresiasi ketika dipakai dalam menjalankan bisnis dan itu pun tergantung dari metode apa dalam menghitung depresiasinya.

Di perusahaan manufacture kita mengenal ada yang disebut Material Cost, Direct Labor Cost. Nah, Direct Labor Cost ini diakui sebagai Cost of Product (Biaya Produk). Jika produk tersebut tidak terjual maka keseluruhan Cost of Product (termasuk Direct Labor) akan dicatat sebagai Asset. Nah baru ketika produk tersebut dijual, maka Cost of Product tersebut akan dilaporkan sebagai Cost Of Good Sold.

Sedangkan di sisi lain, Buruh atau upah seorang sopir pengantar barang atau satpam dari perusahaan manufacture tersebut akan dicatat sebagi expense. Dengan kata lain, cost yang dipakai di luar produksi tidaklah masuk ke dalam category product cost.

Mudah-mudahan sedikit penerangan ini membawa manfaat bagi kita semua.kalaupun ada yang salah dari tulisan ini mohon kritik dan masukannya. :)

Sumber : http://blog.accountingcoach.com dan sumber lainya..

About these ads

About Restu Ramdani

Tak ada yang sempurna di dunia ini. Saya hanyalah seorang manusia yang butuh dan perlu bantuan orang.

Posted on April 23, 2010, in Accounting and tagged , , , . Bookmark the permalink. 33 Comments.

  1. mau tanya mba kalau pembelian bensin, uang makan untuk usaha mikrolet termasuk apa ?

  2. bedanya beban dengan cogs apa ?
    klo biaya telepon untuk nelpon klien pada perusahaan perhotalan itu termasuk, cogs or exspend ?
    terima kasihh

    • dalam akutansi perhotelan biasanya cost hanya akan diberlakukan pada departement F & B, sedangkan untuk telephone adalah masuk pada reveneu hotel, untuk biaya telephone yg digunakan untuk menelphone klient biasanya di exspendkan ke departement masing-masing yg ada di hotel. biaya dari telephone untuk klient ini akan mengurangi total revenue dari pendapatan telephone.

  3. Nurul Lamianingrum

    Mbak mau nanya bagaimana menghitung harga sewa perbulan ya mbak? minta rumusnya misal untuk sewa komputer ? Terimakasih…

  4. apakah perbedaan antara beban dengan biaya ?

  5. apakah perbedaan beban (expense) denag biaya (cost )?

  6. Gimana Cara ny untuk mengerti Akutansi,sedangkan orang itu tidak punya basic

  7. kak boleh tanya apa perbedaan penghasilan dengan pendapatan ?
    trus apa kaitannya beban dengan rugi ?

  8. Kak, boleh tanya apa perbedaan penghasilan dgn pendapatan?
    trus apa kaitannya beban dengan rugi ?

    sebelumnya terima kasih

  9. apasih yg di mksud beban dlm akutansi???

  10. mbak evi,,
    law harga pokok pembelian msuk nya di beban atau di biaya mbak?

  11. Mbak, mau tanya.

    1. Kalau menukar rupiah dengan valas, apakah termasuk cost?
    2. Bisakah dikasih link yang memuat definisi biaya dalam PSAK?

    Makasih.

    • Restu Ramdani

      Dalam konsep pertukaran mata uang, setahu saya (maaf jika salah) nantinya akan dimunculkan sebagai non operating expense/income di Profit/Loss Statement.
      Misal and punya uang rupiah terus ditukar pada pada tanggal 20 dengan rate 9000 misal. nah kan pada Akhir bulan ketika monthly closing kalau ingin menyajikan Balance Sheet dan P/L harus sesuai ke rate akhir bulan misal ratenya 9.100. otomatis kan yang pertukaran tanggal20 itu harus di lakukan valuation biar angka rupiahnya sama ke akhir bulan. Kurang/lebihnya dimasukin ke dalam non operating income / expenses.

  12. sangat bermanfaat ilmunya,, boleh dijelaskan lebih lanjut ga tentang pengukuran beban dan biaya tersebut… mksh :)…

  13. Cintia Finawati

    Kak aku minta tolong dunk

    format balance sheet yang lengkap, boleh kan

  14. Cintia Finawati

    kak pada cash flow untuk aktivitas financing terdiri dari apa aja ?

    • Biasanya Transaksi yang berhubungan dengan Hutang wesel (Notes Payable), Bond Payable, Deffered Income taxes, Paid in Capital, Retained Earnings, Common Stock dan Preferred stock dan treasury stock. pokonya transaksi2 yag bisa merubah Hutang jangka panjang dan Stockholder Equity.

      Semoga bisa membantu

  15. Cintia Finawati

    MAAF KAK ganggu lagi,
    aku boleh tanya tak?
    kalo di perusahaan seperti sampoerna, untuk test masuk yang berhubungan dengan accounting ataupun auditor soal testnya mengenai apa ya?

  16. Cintia Finawati

    Boleh tanya tak? Net Realizable Value itu apa ?ada pengertian bahwa NRV adalah laba bersih yang sudah direalisasikan, maksudnya apa ya

    • Restu Ramdani

      saya kasih contoh ya.
      Misalkan A punya barang X. Nah barang X itu harga pasarnya 500. Akhirnya di jual lah X itu ke B. Nah ketika pengiriman A itu membungkus barangnya dengan karton yang dibeli seharga 50 perak. nah NRV itu selisih Harga Jual dengan Biaya yang dikeluarkan sampai barang itu terjual. dengan demikian NRV nya = 500-50 = 450.

      Mudah2an bisa dimengerti.

  17. Cintia Finawati

    ok ok
    Jadi pada perusahaan manufacture pada Balance sheet untuk Inventory bila dijabarkan terdiri dari Raw Material, Work In Process dan Finished Goods ( dijumlah untuk ketiganya ) dan
    di Perusahaan dagang bila pada balance sheet inventory hanya inventory ?

  18. Cintia Finawati

    Kak, ada yang masih binun nich, coz dosen ku bilangna

    1. Perusahaan Dagang COGS = Beg Inventory + Cost of goods for purchase – End Inventory

    2. Perusahaan Manufaktur COGS = Beg. Finished + COGM – End Finished Goods
    Bagaimana dengan Raw material, Work in Process dan Finished goods, ketiga hal ini bukankah pada laporan L/R juga dicantumkan ?

    Mohon pencerahannya

    • Restu Ramdani

      Ok saya coba jawab :
      1. Pada perusahaan dagang emang ga ada COGM karena tidak ada proses produksi, yang ada cuman Cost of goods for Purchase yaitu meliputi semua biaya yang dikeluarkan sampai barang yangkita beli sampai ke toko atau gudang. sedangkan di perusahaan manufacture kan memproduksi jadi ada yang namanya COGM dimana COGM itu = Manufacturing cost + Opening WIP – Ending WIP

      2. Setahu saya yang namya Raw Mat, WIP sama FG itu tidak dicantumkan di Profit loss Report karena semuanya ituadalah masuk ke Inventory (Assets Sub) sehingga ditampilkanya di Blance Sheet.

      Kalau misal ada yang keliru harap dibenerin ya..
      terima kasih

  19. Cintia Finawati

    Thanks yak aku jadi tahu perbedaannya, kalau ga masih bingung ni,

    sori kak evi, boleh tanya tidak perbedaan untuk pelaporan cogs pada net income untuk perusahaan jasa, dagang dan manufaktur ?

    • Restu Ramdani

      Terima kasih atas kunjunganya…
      Gini, pertama untuk perusahaan jasa ngga ada yang namanya COGS. COGS hanya ada pada perusahaan dagang dan manufacture.
      Pada perusahaan dagang, simplenya : Net income = Penjualan (sales)- COGS – Biaya operasi.
      pada perusahaan manufacture, Rumusnya sama juga, cuman COGS pada perusahaan manufactute itu adalah : COGM + Begining Inventory – Ending Inventory.
      Pelaporan COGS adanya di laporan rugi laba.

  20. Posting yang menarik, sukses untuk Anda.
    Silahkan kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru hari ini berjudul : “Analisa usaha cuci sepeda motor (lanjutan)”, serta artikel lain yang menarik, dan kalau berkenan mohon diberi komentar. Terima kasih.

  21. hihiihih, makasiih pencerahannya ;)

    • Alhamdulillah Pak kalau sedikit tulisan ini bisa membawa manfaat. terima kasih atas kunjungannya Pak… :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: